Nama Kelompok :
...............................................................
Tingkat :
...............................................................
Ketua Penyelenggara
: ...............................................................
Alamat :
...............................................................
...............................................................
Waktu
Monitoring : ...............................................................
MANAJEMEN KEGIATAN RESPONSIF GENDER
No
|
INDIKATOR INSTRUMEN MANAJEMEN
KEGIATAN RESPONSIF GENDER
|
Y
|
T
|
1.
|
Penyusunan perencanaan (proposal) melibatkan warga
masyarakat/stakeholder dengan proporsi seimbang antara laki-laki dan
perempuan.
|
|
|
Keterangan :
|
|||
2.
|
Rekrutmen peserta seimbang antara laki-laki dan
perempuan.
|
|
|
Keterangan :
|
|||
3.
|
Penentuan jenis keterampilan (life skill)
mempertimbangkan kesetaraan gender
|
|
|
Keterangan :
|
|||
4.
|
Pembagian tugas dilakukan dengan jelas dan menghindari
peran-peran stereotipe (misalnya: Laki-laki sebagai Ketua, sedangkan
Perempuan sebagai Bendahara)
|
|
|
Keterangan :
|
|||
5.
|
Menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk pengembangan
kegiatan yang lebih menitikberatkan pada
peningkatan partisipasi laki-laki dan perempuan yang seimbang
|
|
|
Keterangan :
|
|||
6.
|
Pelaporan program dan keuangan setiap kegiatan telah
memasukkan kebutuhan gender praktis (responsif gender)
|
|
|
Keterangan :
|
|||
7.
|
Manajemen kegiatan PNF menyediakan
prasarana memadai yang memperhatikan kebutuhan perempuan dan laki-laki:
-
Ruangan yang memadai
untuk peserta laki-laki dan perempuan
-
Peralatan yang
memenuhi kebutuhan praktis gender
-
Tempat penitipan /
bermain anak
-
Pembalut wanita,
|
|
|
Keterangan :
|
PROSES PEMBELAJARAN PNF RESPONSIF GENDER
No
|
INDIKATOR INSTRUMEN PEMBELAJARAN
|
Y
|
T
|
1.
|
Pendidik memiliki program kegiatan, Silabus dan RPP yang mengacu pada kaidah-kaidah pendidikan
orang dewasa baik laki-laki dan perempuan
- Pembelajaran berorientasi pada pemecahan masalah
-
Berbasis pengalaman pribadi warga belajar
-
Memperhatikan minat, kebutuhan dan pengalaman
warga belajar
-
Mempertimbangkan mental dan karakteristik
warga belajar
|
|
|
Keterangan :
|
|||
2.
|
Pelaksanaan pembelajaran :
Pengelolaan kelompok belajar, penggunaan metode ,penggunaan
Media dan Sumber Belajar yang responsif gender, serta mengakomodir kebutuhan warga belajar laki-laki dan
perempuan
|
|
|
Keterangan :
|
|||
3.
|
Evaluasi hasil pembelajaran
menggunakan data pilah
|
|
|
Keterangan :
|
|||
4.
|
Analisis hasil pembelajaran
menggunakan data pilah
|
|
|
Keterangan :
|
|||
5.
|
Tindak lanjut analisis hasil
pembelajaran menggunakan data pilah
|
|
|
Keterangan :
|
PERAN MASYARAKAT RESPONSIF GENDER
No
|
INDIKATOR PERAN MASYARAKAT
RESPONSIF GENDER
|
Y
|
T
|
1.
|
Partisipasi para stekholder di masyarakat yang
mendukung kegiatan KF ada keseimbangan anggota laki-laki dan perempuan
|
|
|
Keterangan :
|
|||
2.
|
Memiliki program kerja sama dengan
masyarakat/stakeholders masyarakat yang responsif gender
|
|
|
Keterangan :
|
|||
3.
|
Memberi kesempatan kepada masyarakat
yang mengedepankan kesamaan akses, partisipasi, pengambilan keputusan dan
manfaat yang sama untuk laki-laki dan perempuan
|
|
|
Keterangan :
|
|||
4.
|
Pelaporan program dan keuangan setiap tahun telah
memasukkan kebutuhan gender praktis (responsif gender)
|
|
|
Keterangan :
|
Kebumen,
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,2008
Mengetahui Petugas
Monitoring,
Kepala Sekolah/Madrasah,
__________________ _______________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment