Monday, April 23, 2012

INSTRUMEN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF) YANG RESPONSIF GENDER


Nama Kelompok         : ...............................................................
                        Tingkat                        : ...............................................................
                        Ketua Penyelenggara : ...............................................................
                        Alamat                         : ...............................................................
                                                              ...............................................................
                        Waktu Monitoring        : ...............................................................



MANAJEMEN KEGIATAN RESPONSIF GENDER

No
INDIKATOR INSTRUMEN MANAJEMEN KEGIATAN RESPONSIF GENDER
Y
T
1.       
Penyusunan perencanaan (proposal) melibatkan warga masyarakat/stakeholder dengan proporsi seimbang antara laki-laki dan perempuan.


Keterangan :




2.       
Rekrutmen peserta seimbang antara laki-laki dan perempuan.


Keterangan :



3.       
Penentuan jenis keterampilan (life skill) mempertimbangkan kesetaraan gender


Keterangan :




4.       
Pembagian tugas dilakukan dengan jelas dan menghindari peran-peran stereotipe (misalnya: Laki-laki sebagai Ketua, sedangkan Perempuan sebagai Bendahara)


Keterangan :




5.       
Menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk pengembangan kegiatan yang lebih menitikberatkan pada  peningkatan partisipasi laki-laki dan perempuan yang seimbang


Keterangan :




6.       
Pelaporan program dan keuangan setiap kegiatan telah memasukkan kebutuhan gender praktis (responsif gender)


Keterangan :




7.       
Manajemen kegiatan PNF menyediakan prasarana memadai yang memperhatikan kebutuhan perempuan dan laki-laki:
-       Ruangan yang memadai untuk peserta laki-laki dan perempuan
-       Peralatan yang memenuhi kebutuhan praktis gender
-       Tempat penitipan / bermain anak
-       Pembalut wanita,



Keterangan :








PROSES PEMBELAJARAN PNF  RESPONSIF GENDER

No
INDIKATOR INSTRUMEN PEMBELAJARAN
Y
T
1.       
Pendidik memiliki program kegiatan,  Silabus dan RPP  yang mengacu pada kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa baik laki-laki dan perempuan
-       Pembelajaran berorientasi pada pemecahan masalah
-       Berbasis pengalaman pribadi warga belajar
-       Memperhatikan minat, kebutuhan dan pengalaman warga belajar
-       Mempertimbangkan mental dan karakteristik warga belajar


Keterangan :



2.       
Pelaksanaan pembelajaran :
Pengelolaan kelompok belajar, penggunaan metode ,penggunaan Media dan Sumber Belajar yang responsif gender, serta mengakomodir  kebutuhan warga belajar laki-laki dan perempuan


Keterangan :




3.       
Evaluasi hasil pembelajaran menggunakan data pilah



Keterangan :




4.       
Analisis hasil pembelajaran menggunakan data pilah


Keterangan :




5.       
Tindak lanjut analisis hasil pembelajaran menggunakan data pilah


Keterangan :






PERAN MASYARAKAT  RESPONSIF GENDER

No
INDIKATOR PERAN MASYARAKAT RESPONSIF GENDER
Y
T
1.       
Partisipasi para stekholder di masyarakat yang mendukung kegiatan KF ada keseimbangan anggota laki-laki dan perempuan


Keterangan :




2.       
Memiliki program kerja sama dengan masyarakat/stakeholders masyarakat yang responsif gender


Keterangan :




3.       
Memberi kesempatan kepada masyarakat yang mengedepankan kesamaan akses, partisipasi, pengambilan keputusan dan manfaat yang sama untuk laki-laki dan perempuan


Keterangan :




4.       
Pelaporan program dan keuangan setiap tahun telah memasukkan kebutuhan gender praktis (responsif gender)


Keterangan :





Kebumen, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,2008
Mengetahui                                                                 Petugas Monitoring,
Kepala Sekolah/Madrasah,


__________________                                                _______________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments:

Post a Comment