Monday, April 23, 2012

OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI KOMITE SEKOLAH

Oleh : Warjan

A.    Pengantar

Komite Sekolah merupakan suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam  rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Badan ini bersifat mandiri, dan tidak mempunyai hubungan hirarkis dengan sekolah maupun lembaga perintah lainnya.

Komite Sekolah merupakan penyempurnaan dan perluasan badan kemitraan dan komunikasi antara sekolah dengan masyarakat. Sampai tahun 1994 mitra sekolah hanya terbatas dengan orang tua peserta didik dalam wadah yang disebut dengan POMG (Persatuan Orang Tua dan Guru ) tahun  1994 sampai pertengahan 2002 dengan perluasan peran menjadi BP3 ( Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan ) yang personilnya terdiri atas orang tua dan masyarakat di sekitar  sekolah. Sejak pertengahan tahun 2002 wadah tersebut bertambah peran dan fungsinya sekaligus personilnya yang  tidakhanya di sekitar sekola. Perbedaan yang prinsip  antara BP3 dengan komite sekolah adalah dalam peran dan fungsi, keanggotaan serta dalam pemilihan dan pembentukan kepengurusan.

INSTRUMEN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN NON FORMAL (PNF) YANG RESPONSIF GENDER


Nama Kelompok         : ...............................................................
                        Tingkat                        : ...............................................................
                        Ketua Penyelenggara : ...............................................................
                        Alamat                         : ...............................................................
                                                              ...............................................................
                        Waktu Monitoring        : ...............................................................


Tuesday, April 3, 2012

KESEHATAN LINGKUNGAN


Oleh : Warjan
A.     Pengertian
Ada beberapa definisi dari kesehatan lingkungan :
  1. Menurut WHO (World Health Organization), kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia
  2. Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN PAIKEM MELALUI PEMBIMBINGAN INTENSIF

Oleh : Warjan
Pengawas Dikmen Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen
Contact person : HP. 085227190415, e-mail : warjan_wasdik@yahoo.com

ABSTRACK
Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah pembimbingan intensif mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini mengambil subjek guru-guru SMP Negeri 1 Padureso Kabupaten Kebumen tahun 2010 yang berjumlah 11 orang. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan melalui dua siklus yang diawali oleh kondisi atau refleksi awal.

Mobil Esemka Inspirator Kebangiktan Industri Otomotif Nasional

Oleh : Warjan

Salah satu isu yang ramai menghiasi media akhir-akhir ini adalah mobil Esemka. Mobil hasil rakitan pelajar SMK ini merupakan karya nyata anak-anak negeri yang layak mendapatkan apresiasi  dan penghargaan dari semua pihak. Bagaimanapun, para pelajar SMK ini telah mampu menorehkan sejarah yang sangat penting dalam khasanah industry otomotif nasional.

OPTIMALISASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG BERMUTU



Oleh: Martiyono, S.Pd., M.Pd.
(Kepala SMP Negeri 2 Buluispesantren)

Sekolah yang efektif dan bermutu menjadi impian semua pemangku kepentingan pendidikan, baik pemerintah, pengelola sekolah, orang tua, maupun masyarakat. Dalam rangka mewujudkan  sekolah yang bermutu, sekolah membutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang cerdas dan berkomitmen tinggi.
Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Model kepemimpinan yang dinilai paling cocok untuk diterapkan di sekolah sebagai institusi pendidikan adalah kepemimpinan pembelajaran. Ironisnya, kebanyakan kepala sekolah kurang menerapkan model kepemimpinan pembelajaran secara optimal. Untuk itu, tulisan ini akan berupaya memaparkan bagaimana mengoptimalkan model kepemimpinan pembelajaran dalam rangka mewujudkan sekolah yang efektif dan bermutu.

A.    Sekolah yang Bermutu
Dewasa ini, masalah mutu sudah menjadi tuntutan di segala lini sehingga mengemuka dalam setiap perbincangan.  Menurut Randall Schuller (1992), kualitas dapat menghemat dana yang dikeluarkan, mengingat upaya perbaikan yang terus-menerus jelas akan menjadikan barang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan pada konsumen.